May 31

Kristal Gunung Berapi Memudahkan Kerja Ilmuwan Prediksi Letusan

Kristal Gunung Berapi Memudahkan Kerja Ilmuwan Prediksi Letusan

Berspekulasi bila suatu gunung berkobar hendak meletus merupakan suatu profesi yang amat susah. Kenapa? Karena tiap gunung berkobar mempunyai labirin gorong-gorong tertentu yang khas serta kompleks, selaku rute untuk lahar pergi ke dataran. Jadi apalagi kala kegiatan vulkanik telah ditemukan, sedang amat susah buat mengenali. Bila lahar hendak menciptakan jalannya lewat gorong-gorong ini serta meletus.

Tetapi saat ini terdapat suatu metode buat memperhitungkan cara ini. Memakai kristal yang berkembang di dalam gunung berkobar serta bertugas semacam suatu rekaman erupsinya. Riset terakhir kita kepada kristal dari Gunung Etna di Italia. Sudah menciptakan kalau bila lahar terkini datang di ruang 10 kilometer. Di dasar dataran Etna, suatu erupsi dapat terjalin dalam 2 minggu. Tidak bingung apabila penyair Romawi Lucretius berkata Etna marah dengan api dari lubang Neraka yang sangat dalam.

Dulu, para pakar ilmu bumi berasumsi kalau lahar di dasar gunung berkobar terletak dalam satu ruang tunggal besar. Tetapi studi modern membuktikan kalau sistem saluran lahar terdiri dari banyak bagian yang berkaitan. Dengan arah transport kompleks. Kita pula ketahui kalau kala lahar terkini memuat kembali sistem saluran vulkanik ini, perihal itu dapat mengakibatkan suatu dentuman.

Ketika beranjak naik ke dataran, lahar yang terkini teraduk mendesak bebatuan menghindar, serta meningkatkan titik berat di dasar gunung berkobar. Ini menciptakan guncangan alam serta meluaskan gedung gunung berkobar yang berupa runjung; akibatnya dapat dipantau dari dataran ataupun dari luar angkasa dengan dorongan satelit.

Pengisian Balik Lahar Khusus Gunung

Yang susah dikenal apakah pengisian balik lahar khusus hendak betul-betul jadi erupsi serta berapa lama. Durasi yang dibutuhkan saat sebelum erupsi diawali.

Di sinilah kristal dapat memainkan andil. Mineral ini diucap antecryst ante berarti saat sebelum sebab mereka kerap kali. Mulai berkembang dari lahar dini ribuan tahun kemudian saat sebelum gunung berkobar meletus. Mereka berkembang selapis untuk selapis, merekam pergantian pada lahar sekelilingnya, bagaikan cincin tumbuhan yang menulis pergantian hawa.

Teknologi laser saat ini membolehkan kita memandang ke dalam antecryst buat menghasilkan denah pencarian faktor kimia di dalamnya. Ini pada dasarnya mengaitkan penembakan sekotak garis- garis laser di atas antecryst setelah itu memakai apa yang diketahui selaku spektrometer massa buat menganalisa aerosol yang diserahkan serta memastikan kandungannya.

Ini dapat dipakai buat menghasilkan lukisan 2D aransemen kristal yang dapat berikan ketahui kita cerminan sejarahnya. Selaku ilustrasi, kala inti antecryst berumur dipindahkan ke dataran oleh lahar yang terkini teraduk, perihal ini menghasilkan bundaran yang khas pada kristal. Tantangannya merupakan mengisap madu maksud dari rekaman ini.

Melukiskan Etna

Berbekal denah kimia kristal dari kegiatan vulkanik Gunung Etna 40 tahun terakhir, kita telah dapat memastikan daya di mana kristal berkembang serta pula kala lahar terkini mulai mendobrak sistem vulkanik dasar tanah. Kita menciptakan kalau ini mulai timbul pada 1970-an, bersamaan dengan era gunung berkobar itu mulai lebih kerap erupsi dengan lahar yang beranjak lebih kilat serta lebih banyak kegiatan dentuman serta seismik.

Tipe kontak antara inti kristal dengan bundaran tepinya dan ketebalan bundaran pinggir memiliki data mengenai berapa lama durasi lalu antara kehadiran gelombang lahar serta kala erupsi diawali. Ini berarti kita dapat memperhitungkan lebih bagus bila erupsi bisa jadi terjalin sehabis lahar ditemukan di titik khusus di dasar gunung berkobar pada permasalahan ini, 2 minggu.

Dengan metode ini, melaksanakan survey laser kepada antecryst dari semua bumi bisa menolong akademikus gunung berkobar menguasai dengan lebih bagus gimana pengisian balik lahar bertugas selaku faktor erupsi, serta gimana memaknakan informasi kontrol dari gunung berkobar aktif. Ini dapat menghasilkan sesuatu cara yang lebih cermat buat memantau isyarat peringatan serta berspekulasi erupsi yang bisa jadi lekas terjalin.


Copyright 2021. All rights reserved.

Posted May 31, 2021 by shi in category "Uncategorized